Mengenal 9 Situ di Tangerang Selatan

Situ adalah suatu wadah genangan air di atas permukaan tanah yang terbentuk secara alami ataupun buatan. Sumber air situ berasal dari air tanah ataupun air permukaan. Salah satu manfaat situ selain untuk air minum dan air baku juga untuk konsevasi lingkungan dan dapat mengurangi dampak banjir. Dan saat ini fungsi situ sudah mulai hilang dikarenakan banyaknya alih fungsi lahan yang dipergunakan untuk daerah permukiman bahkan dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah dan limbah rumah tangga. Di Tangsel, setidaknya ada 9 (sembilan) situ yang tersebar diberbagai daerah. Walaupun sampai saat ini, keberadaan situ di Tangsel sangat menghawatirkan karena banyak terjadinya alih fungsi lahan. Berikut ini situ-situ yang ada di Tangsel:

1.    Situ Rompong
Situ Rompong merupakan salah satu situ yang terletak desa Rempoa, kecamatan Ciputat Timur. Situ Rompong awalnya memiliki luas ±2 Ha Tetapi sejak ada pembangunan rumah-rumah liar disekitar situ, sekarang luas situ berkurang menjadi ±1,74 Ha. Kedalaman situ semula ± 3 m, tetapi sekarang mengalami pendangkalan menjadi ± 1,5 m.



Situ Rompong berbatasan langsung dengan beberapa komplek, yaitu komplek Permata Asri, dan komplek Green Wood sertga pemukiman tradisional. Situ ini dahulu berfungsi sebagai irigasi untuk sawah-sawah di sekitar situ, resapan, dan sebagai sumber air bagi warga sekitar.  Berdasarkan infirmasi yang dihimpun oleh JTS, Situ Rompong merupakan satu dari empat situ yang memprihatinkan di Tangsel.

2.    Situ Kayu Antap

Situ Kayu Antap merupakan salah satu dari sembilan situ yang ada di Tangerang Selatan. Tapi entah kenapa, dalam portal online Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air  (DBMSD) Kota Tangerang Selatan situ ini tidak termasuk ke dalam daftar situ yang ada di Tangsel. Tapi hal ini dapat dimaklumi, mengingat kondisi situ ini sangat memprihatinkan bahkan nyaris hilang.

Bahkan dari beberapa informasi yang dihimpun JTS, situ Kayu Atap saat ini sedang menjadi kawasan sengketa. Sejumlah warga mengaku telah memiliki sertifikat atas lahan situ seluas 1,6 hektare itu dan pengembang perumahan Beranda Town House juga telah melakukan pengurukan untuk membangun perumahan mewah di lokasi yang sama.


3.    Situ Bungur
Situ bungur merupakan salah satu situ di Tangsel yang panorama alamnya yang sangat bagus, tempatnya luas dan kualitas airnya juga bagus. Walaupun saat ini kondisi Situ Bungur lebih pada tempat penampungan limbah rumah tangga dari perumahan sekitar situ. Situ ini rencanaya akan menjadi tempat wisata bagi masyarakat sekitar.

4.    Situ Legoso
 

Situ Legoso terletak di Kelurahan Cempaka Putih Kecamatan Ciputat Timur , Tepatnya sekitar kampus Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta . Tidak ada informasi yang jelas mengenai luas situ ini. Tapi yang jelas, situ ini terus mengalami penyempitan dan fungsinya pun telah telah berubah menjadi tempat pembungan sampah dan limbah rumah tangga.

5.    Situ Parigi

Situ Parigi Terletak Di Kelurahan Parigi Lama Kecamatan Pondok Aren , tepatnya di Kelilingi oleh perumahan Bintaro Jaya , dan Sebagian di Desa Parigi Lama. Etelah mengalami penyempoitan, luas situ saat ini 4,026 Ha. Dari beberapa informasi yang dikumpulkan JTS, awalnya pada zaman Belanda Situ Parigi merupakan legokan yang luas seperti lautan yang kemudian dibangun tanggul yang pengurukannya menggunakan tanah dari lahan sebelah Situ yang kemudian membentuk kali kearah Jl. BSD-Bintaro.

6.    Situ Ciledug


Situ Ciledug berlokasi di jalan Siliwangi Kelurahan Pondok Benda Kecamatan Pamulang Kota Tangerang Selatan.   Luas 24 Ha namun berdasarkan informasi yang rilis oleh DBMSD Kota Tangsel situ ini memiliki luas 19,394 ha. Lokasi situ ini sangat berdekatan denganpusat perbelanjaan Pamulang Square dan perumahan Reni Jaya. Pada zaman dahulu, situ ini adalah situ terbesar di kabupaten Tangerang, warga sekitar menyebutnya Situ Tujuh Muara yang memiliki luas 32Hektar.

7.    Situ Pamulang

Situ Pamulang terletak di Kelurahan Pamulang Barat Kecamatan Pamulang , Tepatnya Sekitar Pacuan Kuda Pamulang. Berdasarkan data yang dirilis oleh DBMSD situ ini memiliki luas kurang lebih 7,71 ha. Tapi dari beberapa data lain yang dipublikasi, situ ini awalnya memiliki l 31 Ha, kemudian luas tersebut berkurang menjadi + 24 Ha. Penyempitan Situ ini disebabkan oleh beberapa hal, yaitu penimbunan yang dilakukan masyarakat di bantaran Situ. situ Situ ini letaknya sangat strategis karena berada di tengah pusat perkotaan.

8.    Situ Gintung

Situ Gintung terletak di Kelurahan Cirendeu Kecamatan Ciputat Timur , tepatnya dibelakang kampus Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Situ gintung awalnya adalah waduk yang berfungsi sebagai tempat penampungan air hujan dan untuk perairan ladang pertanian di sekitar wilayah tersebut. Dibuat antara tahun 1932-1933 dengan luas awal 31 ha. Situ ini pernah menyimpan peristiwa kelam, dimana pada tanggal 27 Maret 2009 tanggul situ ini jebol menelan korban hingga 100 . Baca sejarah lengkap

9.    Situ Ponok Jagung

Situ Pondok Jagung atau biasa disebut Situ Rawa Kutup , terletak di Desa Pondok Jagung Kecamatan Serpong Utara , tepatnya dikelilingi oleh perumahan Alam Sutera , Perumahan Melati dan Perumahan Graha Raya Bintaro.

Itulah Sembilan situ yang ada di Tangsel, sebenarnya hamper setetengah situ yang ada di tangsel dapat dikatakan memperihatinkan, karena banyak yang hamper hilang atau beralih fungsi menjadi pemukiman. Jadi mulai sekarang, ayo kita lestarikan alam dan menjaga situ-situ yang ada demi kelangsungan hidup di masa yang akan datang. 

Sumber: Dari berbagai sumber
Foto: http://www.dbmsda.tangerangselatankota.go.id/

1 Response to "Mengenal 9 Situ di Tangerang Selatan"

  1. Mantab sekali.Bapak / ibu yang sedang mencari guru Les Privat di Pamulang dan Les Privat di Pondok Aren SD, SMP, SMA hubungi kami. trmksh

    BalasHapus